|

Mafia Pajak Triliunan

Belum lagi selesai kasus Gayus Tambunan yang telah menyeret beberapa pejabat lintas instansi, sekarang kita kembali dikejutkan dengan adanya "Mafia Triliunan" dalam kasus Pajak. Ini sangat melukai perasaan dan kepercayaan masyarakat Indonesia. Seret dan bongkar kejahatan ini, ungkap dengan jelas penanganan kasus ini kepada publik.

Mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri Komjen Susno Duadji, Kamis (8/4/2010) di Komisi III DPR RI, mengungkapkan beberapa kasus mafia pajak di tubuh Direktorat Jenderal Pajak senilai triliunan rupiah. Tidak hanya itu, Susno juga membeberkan nama orang-orang yang terlibat. Dua kasus di antaranya bernilai masing-masing Rp 1,4 triliun dan Rp 1,5 triliun.

Namanya sudah kita kantongi," ujar anggota Komisi III Bambang Soesatyo kepada para wartawan. Pengungkapan kasus dan nama-nama itu dilakukan Susno di hadapan para anggota komisi hukum tersebut secara tertutup.

Ketika ditanya inisial para oknum tersebut, Bambang enggan mengatakannya. "Yang jelas, kita sekarang baru menyadari bahwa kebanyakan kasus pengampunan pajak, pengurangan pajak, penghapusan pajak, bukanlah sekelas Gayus. Tapi itu dilakukan orang setingkat Dirjen dan Menteri Keuangan," ujar Bambang.

Bambang menambahkan, Komisi III mungkin akan membentuk Pansus Pajak untuk mengungkapkan kasus ini.

Jangan biarkan Negara ini hancur oleh para pejabat yang bermental korup, usut sampai tuntas. Perlu dipikirkan penerapan konsep efek jera dalam kasus seperti ini, agar tidak terulang di masa yang akan datang. Ancaman pemecatan dan masuk penjara sudah tidak ditakuti lagi. Pemerintah dan seluruh elemen masyarakat harus mencari cara baru dalam menekan kejahatan dalam bidang perpajakan ini.

Posted by Unknown on 7:53 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response