|

Jepang Diguncang Gempa Berkekuatan 7,4 SR



Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Pulau Bonin, Jepang. Dengan pusat gempa di kedalaman 14 kilometer, para penduduk yang berada di wilayah garis pantai diminta untuk mengungsi ke wilayah yang lebih tinggi karena muncul isu tsunami setinggi 2 meter.

Demikian seperti dilansir dari AFP, Rabu (22/12/2010).

Menurut data yang tercatat pada US Geological Survey, gempa 7,4 SR ini terjadi pada pukul 03.19 waktu setempat. Pusat gempa berada di 153 kilometer sebelah timur wilayah Chichi-shima, yang terletak di wilayah terpencil di Pulau Bonin, Jepang.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan ataupun korban jiwa akibat gempa ini. Sementara itu, peringatan dini tsunami yang berada di Hawai menyebutkan, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, muncul sebuah peringatan dini dari badan meteorologi yang disiarkan oleh stasiun televisi lokal. Peringatan tersebut memprediksikan bahwa Pulau Bonin, atau oleh orang Jepang biasa disebut pulau Ogasawara, akan dihantam tsunami setinggi 2 meter.

Demikian bunyi peringatan tersebut: "Gempa bumi sebesar ini bisa menimbulkan tsunami yang bisa merusak pantai yang terletak 100 km dari pusat gempa. Pemerintah di wilayah pusat gempa, harus menyadari kemungkinan ini dan mengambil langkah-langkah yang tepat. Semua orang yang berada di daerah dekat pantai harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi."

Menurut USGS, gempa ini diikuti oleh dua gempa susulan sebesar 5,6 SR pada 20 menit kemudian. Kedalamannya hanya sekitar 10 kilometer. Diketahui bahwa sekitar 20 persen gempa bumi paling kuat di dunia selalu melanda Jepang. Wilayah Jepang disebut berada di wilayah 'Cincin Api' di sekitar Samudera Pasifik.

Posted by david pangaribuan on 2:28 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

David P Pangaribuan

Plaza Powerbank

Powerbank Ferarri F99

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Februari 1

Telepon Seluler - Asesori di Indonesia

POWER BANK VIVAN 8400 mAh ips 03

Grosir Power Bank Vivan

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Januari 20

Dijual di Jakarta

Recently Added

Recently Commented