|

Kacamata Konsumen




Kompetisi saat ini sangat ketat dan penuh kejutan, perusahaan untuk dapat tetap eksis dan berhasil, tidak hanya membutuhkan pemasar hebat, tapi harus super hebat. Dalam situasi saat ini semua perrusahaan mengeluarkan jurus jitunya di dalam merebut hati konsumen, berbagai program dan kegiatan dilakukan.

Perusahaan atau Produsen berusaha untuk dapat memberikan :
1. Harga yang kompetitif dan wajar dalam tujuan "Value for Money",
2. Produk-produk yang inovatif, produk yang memiliki diferensiasi, yang bisa dirasakan oleh konsumen sebagai suatu keunggulan dibanding produk lainnya.
3. Menciptakan komunikasi yang baik dengan konsumennya (target marketnya), komunikasi ini dibangun dalam aktifitas Above the Line dan Below the Line. Membanguan komunitas dan kelompok-kelompok kecil yang menjadi Brand Ambasador produk tersebut.

Upaya-upaya yang dilakukan oleh produsen seperti diatas belum tentu memberikan jaminan,konsumen akan memilih produk tersebut. Produk yang berhasil di pasar atau menjadi pilihan utama konsumen menjadi tantangan terbesar dari setiap produsen.


Sebagus apapun produk dan strategi yang kita buat dan jalankan, akan sia-sia bila tidak mendapat respon positif dari konsumen. Konsumenlah yang paling menentukan keunggulan produk, produsen boleh-boleh saja meng-klaim produknya yang paling baik, berkualitas, berbeda dan terbaru atau menjadi pilihan yang paling tepat bagi konsumen, tapi semuanya kembali tetap pada Konsumen.



Konsumen semakin pintar, kritis dan selalu membandingkan satu sama lainnya. Kemudahan memperoleh Informasi dan ketatnya persaingan, terlebih dalam situasi krisis saat ini, posisi daya tawar dari Konsumen semakin besar.

Amati pergerakan pasar, kebutuhan dan keinginan konsumen bergerak dengan cepat dan dinamis. Keunggulan suatu produk pada saat tertentu bisa menjadi bukan lagi sebuah kenuggulan dalam waktu cepat. Produsen dituntuk untuk cepat dalam Inovasi "produk dan layanan",.


Saya mengambil contoh : Astra World layanan dari PT Astra International, Layanan Emergency Road Assistance (ERA) selama 24 jam/hari - 7 hari dalam seminggu dan selama 365 hari, akan siap dan siaga membantu konsumen pemebeli Mobil di Jaringan Astra Group. Fasilitas ini meliputi "Derek Gratis, perbaikan di tempat, bensin habis dijalan akan datang Team Astra World membantu. Pelanggan cukup menelepon 021-650-10000. Value dan Benefit sangat dirasakan oleh Konsumen. Saat ini hampir semua produsen Mobil mengeluarkan layanan sejenis, pelayanan keluhan pelanggan dan layanan darurat. Apakah Astra World Astra, masih menjadi sebuah "Value" memiliki keunggulan kompetitif dengan produsen lainnya ?, saya kira tidak. Inovasi baru harus dikembangkan dan dibuat oleh Astra.

Konsumen mempunyai habits dan behavior yang dipengaruhi oleh situasi dan kehidupannya. Kita harus sadar dan mengerti, bahwasanya Pasar dan Konsumen tidak bisa didikte, mereka hanya bisa diarahkan dan dipengaruhi.

Konsumen di dalam memutuskan menggunakan sudut pandang, pemahaman, pengetahuan dan pengalaman serta informasi dari orang lain. Perusahaan harus mampu mengambil hati dan mempengaruhi pikiran Konsumen. Membangun Brand Awareness, memahami karakteristik target marketnya, membuat program-program marketing dan penjualan yang terintegrasi dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Saat ini kondisi daya beli masyarakat menurun, kualitas dan kuantitas keuangan mengalami penurunan (Nilai Uang), kecemasan akan situasi ekonomi saat ini. Dampak yang paling jelas bagi produsen adalah tergerus tajamnya Omzet penjualan. Apapun kondisi dan situasi pasar, Produsen harus terus meningkatkan Value pada produk/Brandnya.


Value adalah paduan antara produk dan layanan tambahan, semakin besar layanan tambahan yang diberikan dan dapat dinikmati oleh konsumen, maka produk tersebut akan memiliki value tinggi.



Membangun Value pada produk akan sangat mempengaruhi penerimaan Konsumen, semakin baik dan berkualitasnya Value tersebut, akan menjadi point keunggulan daya saing produk tersebut dibanding dengan produk-produk sejenis. Sebagai contoh adalah "Toyota", dengan prinsip Kaizennya > melakukan perbaikan ber-kesinambungan di dalam membangun Value Brandnya.


Strategi yang dapat dilakukan oleh perusahan di dalam membangun Value dan untuk dapat merebut hati Konsumennya agar sukses di pasar.
1. Pembenahan Sumber Daya Manusia, Perusahaan harus tegas dan jelas dalam membuat suatu program kerja untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusianya. Mendirikan Pusat Pelatihan, Assesment Centre dan menyediakan anggaran yang baik untuk hal tersebut.
2. Infrastruktur (prasarana dan sarana kerja) yang terus ditingkatkan kualitasnya seperti Gedung dan Konsumen Lounge, Mesin di Pabrik, Kemasan.
3. Sistem Distribusi dan Jaringan Penjualan (Chanell Distribution). Menerapkan aturan yang ketat dalam kualitas layanan kepada konsumen kepada Para Distributornya dan pada para dealernya dan penyebaran dealer pada seluruh area.
4. Program penjualan yang sesuai dengan situasi dan kondisi dari : daerah, target market serta moment-moment yang penting bagi konsumen. Produsen harus benar-benar jeli di dalam menangkap kebutuhan pelanggan. Bermain dalam area harga saja kuranglah tepat.

Program penjualan yang memberikan hadiah langsung dan besarnya nilai hadiah, "akan sangat diminati oleh konsumen saat ini", Contohnya saat ini "Produsen Orang Tua", melakukannya. Dalam setiap kemasan produk Konsumen bisa langsung melihat hadiah yang diperolehnya.
5. Komunikasi cerdas dan mudah bagi Konsumen dari produsen. Dapat dilakukan dengan melakukan program Retensi, Reward yang dapat dikumpulkan, Customer Focus, atau kejutan-kejutan lainya. Promosi Above The line dan Below the Line harus mampu memberikan suatu "Experiental moment" yang bagus pada Konsumen.

Menjadi sebuah produk pilihan Konsumen memang tidak mudah, Produsen harus cermat dan cerdik untuk membaca situasi dan juga selalu ber Inovasi. Produsen harus memperhatikan "kacamata pelanggan", Produsen harus mau, untuk menerima masukan, kritikan dari pelanggan. Tanpa adanya suatu diferensiasi Value dibanding produk sejenis dan sesuai dengan Needs dan Wants Pelanggan, Konsumen akan berpaling atau akan meninggalkan produk kita.


Posted by david pangaribuan on 12:18 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

David P Pangaribuan

Plaza Powerbank

Powerbank Ferarri F99

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Februari 1

Telepon Seluler - Asesori di Indonesia

POWER BANK VIVAN 8400 mAh ips 03

Grosir Power Bank Vivan

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Januari 20

Dijual di Jakarta

Recently Added

Recently Commented