|

16 Kontestan Peserta Euro 2012



Lengkap sudah susunan 16 negara yang bakal berlaga di putaran final Euro 2012 yang bakal diselenggarakan di Polandia dan Ukraina, 8 Juni hingga 1 Juli tahun depan.

Empat slot tersisa, menyusul duet tuan rumah dan sembilan juara grup fase kualifikasi serta satu runner-up terbaik, dipastikan menjadi milik Kroasia, Republik Ceko, Republik Irlandia, serta Portugal usai menyingkirkan rival masing-masing dalam sepasang leg putaran play-off.

Lewat dua pertandingan bersistem home and away yang digelar pada Jumat (11/11) dan Selasa (15/11) malam, Kroasia sukses mendepak Turki dengan agregat 3-0, total skor identik juga dibukukan Ceko untuk menjungkalkan Montenegro, sementara Irlandia dan Portugal menggulung Estonia (agregat 5-1) serta Bosnia & Herzegovina (6-2).

Kuartet negara tersebut memang mesti melintasi jalan yang sedikit lebih panjang lantaran 'hanya' sanggup mengamankan peringkat kedua di grup masing-masing dan kalah bersaing dari Swedia dalam perebutan predikat terbaik di antara seluruh runner-up yang juga berujung tiket otomatis.

Apa pun, total 16 kontestan telah dikonfirmasi. Kini menarik dinanti hasil drawing pembagian grup babak utama turnamen, yang akan dilakukan pada 2 Desember mendatang di Ukraine Palace of Arts, Kiev.

Seperti dua edisi terdahulu pada 2004 dan 2008, pengundian akan menggunakan sistemseeding alias unggulan yang terbagi rata ke dalam empat pot. Satu tim dari setiap pot akan diambil secara acak untuk menghuni Grup A hingga D.

Sebagai tuan rumah, Polandia dan Ukraina secara otomatis dikategorikan sebagai unggulan utama (pot 1) bersama juara bertahan Spanyol. Polandia dipastikan bakal langsung menghuni Grup A yang akan dihelat di Warsaw dan Wroclaw, sedangkan Ukraina mengisi Grup D dengan laga-laga dipentaskan di Kiev dan Donetsk.

Alokasi pot peserta tersisa dilakukan berdasarkan ranking masing-masing negara di Koefisien UEFA yang telah dikalkulasi dengan perhitungan: 40 persen diambil dari rataan perolehan nilai di kualifikasi Euro 2012, 40 persen diambil dari rataan perolehan nilai di kualifikasi Piala Dunia 2010 dan putaran finalnya, dan 20 persen diambil dari rataan perolehan nilai di kualifikasi Euro 2008 dan putaran finalnya.

Alhasil, tersusunlah daftar berikut:

Pot 1Pot 2Pot 3Pot 4
UkrainaJerman             Kroasia              Denmark
Polandia          ItaliaYunaniPrancis
SpanyolInggrisPortugal        Republik Ceko
BelandaRusiaSwediaRepublik Irlandia  

Mencermati daftar di atas, tentu tak tertutup kemungkinan terbentuk grup neraka. Contohnya Spanyol tergabung bersama Jerman, Portugal, dan Prancis. Well, apa tebakan Anda?

Posted by david pangaribuan on 10:26 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response