|

Penerimaan Taruna Akmil Tahun 2011


Pendaftaran untuk menjadi Taruna Akademi Militer (Akmil) Tahun TA .2011, mulai 1 Februari 2011 hingga minggu keempat Maret 2011 di kantor Kodim, Korem dan Kodam. Syarat untuk menjadi Taruna Akmil antara lain Warga Negara Indonsia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945. Umur pada saat masuk pendidikan tanggal 1 Agustus 2011 tidak kurang dari 17 tahun sembilan bulan dan tidak lebih dari 22 tahun.
Selain itu, berbadan sehat (jasmanai dan rohani), bebas narkoba, belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama pendidikan, tinggi badan tidak kurang dari 167 cm dengan berat badan seimbang, bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung, maupun tidak langsung , sanggup melaksanakan ikatan dinas pertama sekurang-kurangnya 10 tahun dan ditempatklan dimana saja saja di seluruh wilayah Republik Indonesia serta mendapat persetujuan orang tua/wali.

Persyaratan lain, bagi lulusan tahun 2007 sampai dengan 2010 lulus ujian nasional dengan nilai rata-rata 6,5 (dari 10 mata pelajaran) dan bagi calon yang menggunakan kacamata/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 Dioptri. Sedangkan lulusan tahun 2011 akan ditentukan kemudian.
Calon yang mau mendaftar harus datang sendiri di tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy surat-surat yang diperlukan. Calon Taruna Akademi Militer harus mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian yang meliputi administrasi, kesehatan, jasmani, wawancara, psikologi dan akademik. Selama proses pendaftaran dan seleksi calon taruna Akmil tidak dipungut biaya apapun.
Bagi yang dinyatakan lulus seleksi, langsung mengikuti pendidikan di Akademi Militer Magelang selama empat tahun, setelah lulus akan diangkat menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua dan dengan gelar sarjana S1 Pertahanan. Selain mengikuti pendidikan jenjang atau karier di lingkungan TNI, mulai pangkat Kapten diberi kesempatan untuk mengkuti program S2 atau S3 di luar negeri.

Posted by david pangaribuan on 8:25 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response