|

Pemerintah Batalkan Kenaikan Tarif KA Malam Ini


Pro dan kontra atas kebijakan menaikkan tarif kereta api telah disikapi oleh pemerintah dengan bijak, kebijakan yang dirasakan akan semakin memberatkan beban hidup masyarakat kecil pengguna utama kereta api ekonomi ini. Pemerintah akhirnya membatalkan keputusan yang telah diambil sebelumnya "dengan menaikkan tarif kereta api kelas ekonomi".
Pemerintah membatalkan kembali kenaikan tarif kereta ekonomi yang sebenarnya baru diberlakukan pada Sabtu (8/1/2011) ini. Keputusan itu baru ditentukan Sabtu malam ini setelah pemerintah menganalisis perkembangan di lapangan.
"Begitu pula keputusan yang kami dengar. Kabarnya, ada instruksi dari Istana," kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan, Sabtu malam ini, saat dihubungi. Bambang berjanji akan mengumpulkan informasi terakhir Minggu pagi.
Direksi PT Kereta Api Indonesia pun sudah menginstruksikan melalui pesan singkat kepada para Kepala Daerah Operasi dan Kepala Divisi Regional untuk memberlakukan tarif lama mulai Minggu besok. Penundaan kenaikan tarif diprediksi hingga Maret atau April 2011.
Sebelumnya, pada Sabtu ini, tarif kereta ekonomi naik bervariasi berdasarkan jarak, dengan rentang 16-62 persen. Secara nominal kenaikan tarif kelas ekonomi sebenarnya tidak terlalu besar sebab kenaikan tarif KRL ekonomi sebesar 62 persen hanyalah Rp 2.000.  

Posted by david pangaribuan on 12:07 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response