|

Harga Saham Bank Mandiri Pasca Right Issue



PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) akan segera menggelar penawaran umum saham terbatas (rights issue) di Kuartal I-2011. Aksi korporasi Bank Mandiri ini akan berpengaruh terhadap harga saham induknya dimana kecenderungan harga setelah rights issue akan berada dikisaran Rp7,009 – Rp7,743 per lembar saham.

Analis Pasar Modal eTrading Securities, Muhammad Wafi mengatakan aksi korporasi Bank Mandiri ini tentu saja akan berpengaruh terhadap harga saham induknya dimana kecenderungan harga saham induknya akan bergerak mendekati harga right-nya. Setidaknya sampai dengan dengan tanggal Ex-Right yang akan jatuh pada tanggal 8 Februari 2011 untuk pasar reguler. 

"Harga wajar setelah right issue akan berada dikisaran Rp7,009 – Rp7,743 per lembar sahamnya. Ini dengan menggunakan price to book value setelah right 3.41. Tergantung juga akan skenario masing – masing harga right-nya. Selain itu dapat dilihat pula bahwa semakin tinggi harga eksekusi right-nya, maka semakin besar pula harga bukunya sehingga semakin tinggi pula harga wajarnya dan hal ini tentu saja akan semakin menguntungkan,"
Pada penutupan hari Selasa (28/12/2010) kemarin, Wafi mengungkapkan saham BMRI berada di posisi Rp6,450 per lembar saham. Hal ini artinya, lanjut Wafi bahwa harga Bank Mandiri tersebut masih undervalued atau berada dibawah harga wajarnya. "Sehingga kami dapat merekomendasikan Buy untuk saham Bank Mandiri ini," kata Dia. 

Nantinya, setelah rights issue ini maka akan proporsi kepemilikan masyarakat dari 33.32% menjadi 40%, sementara Negara Republik Indonesia selaku pemegang saham lama sudah menyatakan tidak akan mengeksekusiright-nya, oleh karenanya akan terdilusi dari 66.68% menjadi 60%. 

Dalam right issue ini Bank Mandiri berencana melepaskan dua miliar lembar saham kepada pemegang saham lama dengan ketentuan 8,985 pemegang saham lama berhak atas 1,000 saham baru atau 8,985 : 1,000. Dana dari right issue ini rencananya akan digunakan oleh Bank Mandiri untuk memperkuat struktur permodalan yang kemudian akan digunakan untuk pengembangan usaha dan pertumbuhan kredit. 

"Harga eksekusi right issue ini dipatok dikisaran Rp4,100 - Rp6,150 per lembar saham, yang berarti bahwa setelah right issue ini Bank Mandiri akan mendapat tambahan dana segar sedikitnya Rp9.3 triliun dan paling banyak Rp14.4 triliun," terangnya.

Posted by david pangaribuan on 4:25 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

David P Pangaribuan

Plaza Powerbank

Powerbank Ferarri F99

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Februari 1

Telepon Seluler - Asesori di Indonesia

POWER BANK VIVAN 8400 mAh ips 03

Grosir Power Bank Vivan

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Januari 20

Dijual di Jakarta

Recently Added

Recently Commented