|

Elfa Secioria Hasbullah Meninggal Dunia Di Usia 51 Tahun



Dunia musik Indonesia berkabung, Musisi yang sangat produktif, kreatif dan mempunyai idealisme tinggi yang biasa kita kenal dengan nama "Elfa Seciora", telah meninggal dunia. 
Elfa Secioria Hasbullah Ridwan, begitu nama lengkapnya, ia adalah komposer dan pencipta lagu kenamaan di Indonesia.

Elfa Secioria Hasbullah lahir di Garut, Jawa Barat pada 20 Februari 1959. Sejak usia 5 tahun, Elfa kecil mulai bermain piano. Bakat Elfa turun dari sang ayah, Hasbullah Ridwan, anggota polisi yang juga aktif sebagai musisi jazz.

Setelah belajar komposisi musik secara formal dan informal, Elfa yang saat itu berusia 19 tahun membentuk vokal grup. Vokal grup itu pun berhasil menjadi jawara di beberapa festival di luar negeri.

Prestasi Elfa semakin melesat pada tahun 80-an. Lewat 'Detik tak Bertepi' yang dinyanyikan Christine Panjaitan, Elfa meraih penghargaan The Best Arranger dan the Best Song di ajang ASEAN Song Festival.

Elfa pun mendirikan sekolah musik Elfa's Music School. Pada 1978, Elfa membentuk Elfa's Singers yang sekarang beranggotakan Agus Wisman, Yana Julio, Lita Zen dan Uci Nurul. Tony Sianipar, Rita Effendy atau bahkan Titi DJ pernah bergabung dengan vokal grup itu.

Sampai saat ini, Elfa's Singers dan Elfa's Music School tetap rutin mengikuti festival-festival musik di luar negeri. 

Elfa juga pernah sukses saat berkolaborasi dengan Harvey Malaiholo. Bersama Harvey, ia merilis 'Gempita dalam Nada'. Lagu tersebut juga mengantarkan Harvei meraih The Best Performer di ajang Golden Kite Festival di Malaysia pada 1984.

Setiap penyanyi Indonesia pasti ingin mendapatkan sentuhan dari Elfa. Bunga Citra Lestari pun sempat berlatih vokal dengan Elfa, begitu pun dengan Andien dan banyak lagi.

Pada Sabtu (8/1/2011), dunia musik Indonesia pun berkabung. Bang Eel menghembuskan nafas terakhirnya di usianya yang ke-51.

Elfa memiliki seorang isri bernama Vera Sylviana Yachya, putri keluarga Ny. Usman Yachya, yang juga anggota Elfas Big Band Voice, yang ia nikahi pada tanggal 8 Juni 1991. Hingga kini, ia dikarunia empat orang anak, yakni Hariza Ivan Camille, Raisa Ivan Cavell, Cesyl Athaya Fauziyya, dan si bungsu Cheryl Lunetta Salsabiila.
Selamat jalan Bang Elfa Secioria, kami akan terus mengenang karya-karyamu.

Posted by david pangaribuan on 8:07 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response