|

10 Kasat Lantas Polda Sulteng "Ikrar Tidak Melakukan Pungli"





Para Kepala Satuan Lalu Lintas Polres se-Sulawesi Tengah mengucapkan ikrar berisi tekad dan komitmen untuk tidak melakukan pungutan liar (pungli) dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat.


Ikrar itu diucapkan secara bersamaan oleh 10 orang Kasat Lantas di depan Wakil Dirlantas Polda Sulteng AKBP Drs H Ai Afriandi, SH disaksikan para pejabat teras dan perwira di jajaran Ditlantas Polda di Mako Ditlantas Jl. Rajamoili Palu, Jumat (7/1).


Ikrar tersebut terdiri atas empat poin yakni tidak akan melakukan praktik pungli dengan cara meminta atau menerima suatu pemberian baik langsung maupun tidak langsung berupa hadiah, suap, bantuan atau bentuk lainnya yang berkaitan atau patut diduga berkaitan dengan hal-hal yang melanggar hukum.



Para Kasat Lantas juga menjamin bahwa segala proses yang terkait dengan prosedur pelayanan yang menjadi hak masyarakat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.


Para Kasat berjanji memegang teguh komitmen, transparansi dan perlakuan yang sama dalam penegakkan hukum para seluruh kegiatan pelayanan sesuai ketentuan perundang-undangan.
Mereka juga akan melaksanakan tugas dan kewenangan sesuai prosedur yang berlaku selama proses pelayanan dan tidak akan membiarkan situasi apapun yang bertentangan dengan prinsip pelayanan prima.


"Atas pelanggaran terhadap naskah komitmen ini, saya bersedia dikenakan sanksi moral, disiplin, kode etik, sanksi administrasi serta tuntutan ganti rugi pidana sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku," ucap para Kasat Lantas dalam alinea penutup naskah komitmen tersebut.


Wakil Dirlantas Ai Afriandi meminta seluruh Kasat Lantas untuk memegang teguh ikrar tersebut dan mengawasi seluruh jajarannya agar melaksanakan komitmen ini secara bertanggung jawab demi meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada polri.


"Pelayanan polantas bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga ada saja pihak-pihak yang dirugikan. Polantas harus bisa menjadi penengah untuk memberikan pembinaan dan teladan kepada masyarakat," ujarnya

Posted by david pangaribuan on 9:24 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response