|

Gunung Sinabung Meletus



Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), meletus tepat pada pukul 00.08 WIB, Minggu (29/8/2010). Warga yang berada di sekitar gunung tersebut diminta untuk mengikuti instruksi petugas di lokasi.


Sejak kemarin Jumat (27/8) malam, Gunung Sinabung menunjukkan tanda-tanda retak yang menyemburkan debu dan asap. Keadaan itu membuat warga desa yang bermukim di kaki Gunung Sinabung panik dan berhamburan keluar rumah.


Warga Desa Gurukinayan dan Desa Ujungteran di Kecamatan  Namanteran, Kabupaten Karo sekitar 20-an meter dari Berastagi sempat panik dan mengungsi ke daerah yang aman. Sementara 5 kepala keluarga warga di Kecamatan Namanteran dan beberapa penduduk Desa Garang terpaksa mengungsi ke Desa Peceran Berastagi.
Warga pada umumnya mendengar suara gemuruh dari posisi Gunung Sinabung dan sempat melontarkan debu dan bebatuan kecil yang menimbulkan kepanikan warga hingga mereka mengungsi ke Kota Berastagi dan Kabanjahe. Warga menduga Gunung Sinabung akan meletus, dan nyatanya di Minggu dinihari ini apa yang telah diperkirakan itu terjadi.
Semoga kiranya saudara kita yang tepat berada disekitar gunung sinabung ini terlepas dari bencana dan bahaya besar, Kerjasama dari semua pihak terkait sangat penting dan cepat harus dilaksanakan. 

Posted by david pangaribuan on 1:24 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response