|

Sjahril Djohan adalah Abang Ernie Djohan

Masih ingat Ernie Djohan? Ia adalah penyanyi kondang tahun 1970-an. Namanya melambung lewat lagu "Teluk Bayur" dan "Senja di Batas Kota". Ernie Djohan adalah adik SJ, sosok yang belakangan ini disebut-sebut terlibat dalam praktik makelar kasus di sejumlah lembaga penegak hukum. Ernie dan SJ adalah anak diplomat M Djohan Bakhaharudin.

Apa komentar Ernie atas kasus yang melilit kakaknya ? "Kami serahkan semua kepada Allah,"

Ketika ditanya apakah dia percaya terhadap apa yang dituduhkan kepada kakaknya, Ernie memilih tidak menjawabnya. "Maaf, Mas. Saya tidak mau komentar apa pun," katanya singkat.

SJ sempat mengikuti jejak ayahnya sebagai diplomat. Jika benar SJ yang dimaksud mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Susno Duadji, adalah Sjahril Djohan, berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, Sjahril Djohan masuk ke Departemen Luar Negeri tahun 1971 dengan jabatan terakhir Kepala Seksi II Hubungan Ekonomi Luar Negeri tahun 2004.

Sjahril pernah ditempatkan di Bern, Swiss, 1977-1980, sebagai Sekretaris II. Sejak 1980, ia mengambil cuti di luar tanggungan negara hingga 1983 karena alasan pribadi. Cuti kemudian diperpanjang sampai Oktober 1984. Ia kemudian dipecat karena diketahui menggunakan ijazah palsu.

SJ disebut terlibat dugaan makelar kasus di Mabes Polri yang menjadikan mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Gayus HP Tambunan, sebagai tersangka. SJ juga disebut-sebut sebagai mantan pegawai Kementerian Luar Negeri, berkawan dengan mantan petinggi Polri berinisial MP, dan pernah berkantor di Kejaksaan Agung.


Sumber : kompas.com

Posted by Unknown on 11:23 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response