|

Selandia Baru Lolos ke Piala Dunia 2010

Selandia Baru berhasil memastikan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2010. Hasil ini didapat wakil zona Oceania ini setelah menundukkan Bahrain 1-0 (agg.1-0) di Stadion Westpac, Wellington, Sabtu (14/11/2009).

Hasil 0-0 yang diraih The All Whites -julukan Selandia Baru- pada leg pertama di Bahrain, memaksa Selandia Baru bermain menyerang sejak awal. Pasalnya, Selandia Baru harus menang jika ingin tampil di Afrika Selatan, Juni mendatang. Imbang apalagi kalah, dipastikan memupus asa Ryan Nelsen dkk mengulang sukses tampil di Piala Dunia pertamanya di Spanyol pada 1982.

Setelah saling jual beli serangan di sepanjang babak pertama, Selandia Baru akhirnya bisa memecah kebuntuan pada masa injury time babak pertama. Adalah bomber Rory Fallon yang berhasil mencetak gol dan membawa timnya unggul 1-0 yang bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Bahrain yang bertekad mencetak sejarah lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya, langsung mengambil inisiatif serangan. Wakil zona Asia ini berusaha keras membongkar rapatnya pertahanan Selandia Baru melalui duet bombernya Mohamed Salmeen dan Husain Ali.

Memasuki menit ke-52, Bahrain memiliki kesempatan emas menyamakan kedudukan melalui titik putih. Sayang, Sayed Mohamed Adnan yang ditunjuk pelatih Bahrain, Milan Macala, gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Kendati terus berusaha keras memaksakan hasil imbang untuk lolos ke Afrika Selatan, di sisa waktu, namun para pemain Bahrain gagal mencetak gol. Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Selandia Baru bertahan hingga pertandingan usai.

Hasil ini mengantar skuad besutan Ricki Herbert untuk kedua kalinya berlaga di Piala Dunia, setelah menang aggregat 1-0.

Posted by david pangaribuan on 6:32 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response