|

PIMPINAN



Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan dan bukanlah masalah jabatan.

Pemimpin adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan menginspirasi orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Tugas dari seorang pemimpin adalah memberikan pengarahan, sedangkan manajer adalah mereka yang menjalankan arahan dari pemimpin. Selain itu juga pemimpin mempunyai rasa keadilan. Dia akan ‘berteriak’ jika melihat sesuatu yang dirasa tidak benar dan adil. Karena pemimpin ini mempunyai rasa keadilan maka terkadang dia menjadi ‘naif’ dan tidak masuk akal.

Banyak yang bertanya apakah kepimpinan bawaan lahir atau bisa dipelajari ?
Keduanya benar. Ada yang memang bakat, didapat dari lingkungan atau keadaanlah yang memunculkan sifat kepimpinan itu.

Sifat kepimpinan bisa dilihat dari ciri – ciri berikut ini : visioner, dapat membimbing tim, dapat berkomunikasi dengan baik dan bisa membuat keputusan dengan cepat dan tepat.

Pemimpin harus mempunyai visi terhadap timnya agar pekerjaannya jelas dan hasil yang dicapainya juga jelas. Setelah pemimpin mempunyai visi yang jelas mengenai apa tujuan yang akan diraihnya maka mulailah dicari tim yang solid, yang dapat menjalankan visi itu.

Selamat menjalankan tugas sebagai seorang "Pemimpin"

Posted by david pangaribuan on 5:16 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response