|

"Travel Warning" ke Jepang Oleh Pemerintah Amerika Serikat



Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan travel warning, Minggu (13/3/2011) waktu setempat kepada seluruh warganya agar tidak mengunjungi Jepang. Hal tersebut terkait terjadinya masalah pada reaktor nuklir di Fukushima usai diguncang gempa bermagnitud 9 pada Jumat lalu.

Dalam peringatan yang dikeluarkan itu dikatakan bahwa semua pegawai pemerintah yang tidak berkepentingan ke Jepang diminta menunda kunjungan. Begitu pula bagi seluruh warga AS yang tidak punya keperluan sangat penting agar menunda kunjungan ke Jepang.

Disebutkan pula bahwa gempa susulan masih mungkin terjadi dengan kekuatan cukup besar dan dapat memicu tsunami. Warga yang berada di Jepang diimbau untuk menghindari wilayah yang dekat pantai.


Sementara buat warga yang tengah berada di Prefektur Fukushima diimbau untuk selalu taat mengikuti anjuran pemerintah setempat. Kalau perlu segera meninggalkan lokasi sekitar reaktor nuklir yang tengah bermasalah dan berisiko menyebarkan radiasi zat radioaktif.

Jepang kini tengah menghadapi darurat nuklir setelah enam reaktor nuklir di negara tersebut mengalami masalah setelah diguncang gempa. Ribuan warga yang tinggal di sekitar reaktor telah diungsikan untuk menghindari paparan radiasi.

Posted by david pangaribuan on 11:40 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response