|

Presiden Usulkan Wilayah Jakarta Dikembangkan


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dikatakan menginginkan agar wilayah Jakarta dikembangkan menjadi lebih luas lagi. Presiden menyebut usulan ini sebagai the greater Jakarta. Beberapa daerah di sekitar Jakarta bisa diintegrasikan, seperti Sukabumi, Cirebon, dan Purwakarta.
Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (11/1/2011).

"Jumlah penduduk yang sangat besar tidak sesuai lagi dengan luas atau lingkup Jakarta sendiri," kata Julian.
Terkait wacana pemindahan ibu kota, Julian mengatakan, pemerintah hingga saat ini masih terus mengkajinya. Pemindahan ibu kota memang dipandang sebagai salah satu solusi untuk mengatasi berbagai persoalan urban di Jakarta. "Saat ini sedang ada kajian, tentu saja dengan melibatkan pihak dan elemen masyarakat, terutama yang terkait langsung dengan tata kota atau mereka yang memahami tata ruang," kata Julian.
Sampai saat ini, lanjutnya, pemerintah belum memutuskan untuk memindahkan ibu kota Jakarta atau mengembangkan Jakarta itu sendiri ke daerah sekitar menjadi lebih luas.
Catatan Kompas, konsep Megapolitan pernah disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta (waktu itu) Sutiyoso. Konsepnya bukan untuk memperluas wilayah Jakarta, melainkan mengintegrasikan pembangunan kawasan yang berada di dalamnya, yang meliputi Tangerang, Depok, Bekasi, Bogor, dan Cianjur. Itu saja sudah mendapat tentangan luar biasa.
Sumber : Kompas.com

Posted by david pangaribuan on 2:17 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

David P Pangaribuan

Plaza Powerbank

Powerbank Ferarri F99

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Februari 1

Telepon Seluler - Asesori di Indonesia

POWER BANK VIVAN 8400 mAh ips 03

Grosir Power Bank Vivan

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Januari 20

Dijual di Jakarta

Recently Added

Recently Commented