|

5 Kunci Strategi jadi Karyawan Unggulan


DALAM dunia kerja yang kian kompetitif seperti saat ini, agaknya hanya sedikit orang yang merasa benar-benar aman berada di posisinya sekarang. Jika gagal membuktikan diri sebagai bibit unggulan, bisa-bisa Anda tersingkirkan. 

Untuknya, menurut Laurence Shatkin, Ph.D., penulis '2011 Career Plan,' ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan setiap orang untuk membuktikan diri sebagai karyawan andalan. 

''Cara terbaik untuk mempertahankan pekerjaan adalah dengan menjadi tidak tergantikan. Anda perlu menjadi sangat penting sehingga bisnis tersebut tidak dapat berjalan tanpamu,'' katanya seperti dikutip situs msn.careerbuilder.com. 
Nah, berikut ini adalah sejumlah strategi yang perlu Anda implementasikan: 

Fokus 
Kebanyakan bisnis mendiversifikasi dan melayani beberapa fungsi, tapi biasanya ada sebuah misi sentral yang menghasilkan uang dan menentukan apakah bisnis tersebut akan berhasil atau gagal. Identifikasi fungsi sentral tersebut dan mainkan peranan di dalamnya. Identifikasi keterampilan apa saja yang dibutuhkan bagi bisnis tersebut untuk mengembangkan fungsinya, dan kuasai keterampilan itu. 

Produktif 
Menjadi produktif bukan berarti Anda harus lembur setiap hari dan mengorbankan kehidupan personal demi kepentingan bisnis. Yang lebih penting adalah menemukan tugas atau peran yang dapat Anda tangani selain deskripsi pekerjaan Anda. Sekali lagi, keterampilan berperan penting di sini karena menjadi kunci produktivitas. 

Menonjol 
Cari jalan untuk membuat Anda dikenal dan menonjol di antara para rekan kerja lain. Cetak prestasi yang membuat Anda dilirik dan diakui. Jangan menunggu hingga tiba musim penilaian kinerja. 

Mentor 
Temukan seseorang yang benar-benar mengerti seluk-beluk bisnis yang Anda geluti, berikan bantuan dan tanyakan pertanyaan-pertanyaan spesifik termasuk bagaimana cara meningkatkan kinerja Anda. Berikan kredit kepada mentor tersebut atas saran yang Anda dapatkan. 

Menyenangkan 
Menusuk dari belakang bukan cara terbaik untuk maju dan mendapatkan apa yang Anda inginkan. Cara itu hanya akan menimbulkan kerugian dalam jangka panjang. Jika Anda tidak bisa bekerja sama dengan sejumlah orang tertentu dalam kelompok kerja, coba untuk minta ditransfer ke bagian lain yang membuat Anda merasa lebih cocok dan nyaman. 

Sumber : Media Indonesia

Posted by david pangaribuan on 8:41 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

David P Pangaribuan

Plaza Powerbank

Powerbank Ferarri F99

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Februari 1

Telepon Seluler - Asesori di Indonesia

POWER BANK VIVAN 8400 mAh ips 03

Grosir Power Bank Vivan

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Januari 20

Dijual di Jakarta

Recently Added

Recently Commented