|

Market Size Notebook Indonesia Terus Membesar


Pasar pengguna komputer jinjing atau notebook di Indonesia terus bertambah. Menurut hasil riset terbaru International Data Corporation (IDC), penjualan notebook kuartal II-2010 di Indonesia mencapai 1,1 juta unit, naik 40 persen dari kuartal II-2009. Total penjualan notebook pada kuartal I-2010 mencapai total 2,18 juta unit. Naik 32,46 persen dibanding kuartal I-2009.
Dari data tersebut, penjualan notebook terbanyak untuk segmen low end, kisaran harga 400 dollar AS, yaitu sebanyak 45 persen dari total penjualan. Notebook harga 400-500 dollar AS menguasai 30 persen pasar, dan notebook seharga di atas 700 dollar AS per unit menguasai sisanya.

IDC memprediksi pasar notebook Indonesia akan mencapai 6 juta unit tahun 2011. Sampai tahun 2015, IDC juga memprediksi pasar notebook di Indonesia akan menjadi yang terbesar se Asia Tenggara.
Toshiba, produsen notebook asal Jepang, Toshiba, terus memperkuat penetrasi pasarnya di Indonesia. Terutama di kota-kota besar di Indonesia di luar Jakarta seperti Medan, Makassar, dan Surabaya.
Caranya, produsen komputer jinjing itu menambah jumlah distributor utamanya menjadi dua. "Indonesia adalah negeri yang sangat luas, maka kami membutuhkan partner yang memiliki jaringan yang kuat di daerah," terang Masanabu Honda, Asisten General Manager Toshiba Company System Singapura, akhir pekan lalu.
la memprediksi, penjualan notebook di Indonesia pada periode Oktober-Desember 2010 akan mencapai 1,4 juta unit. Sayang, ia tak merinci target penjualan Toshiba di Indonesia tahun depan.

Posted by Unknown on 2:52 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response