5 Langkah Sukses dalam Menjual
Sebagai seorang sales/marketing, tentunya kita harus punya cara-cara jitu untuk dapat menarik simpati dan perhatian pelanggan sehingga mereka tertarik dengan produk atau barang yang kita jual. Berikut langkah-langkah yang dapat diterapkan, suatu 5 langkah sederhana tetapi cukup membantu dan masih up to date hingga saat ini
5 Langkah tersebut adalah :
1. Persiapan/perencanaan
2. Perkenalan/pembukaan
3. Pertanyaan & Identifikasi
4. Penjelasan & negosiasi
5. Penutup & follow up
1. Persiapan/perencanaan
Hal-hal yg perlu di siapkan sebelum melakukan penjualan seperti :
• tingkatkan kemampuan produk dan service dengan baik, khususnya keuntungan-keuntungan yang bisa di dapat apabila calon nasabah membeli produk yang kita tawarkan
• pelajari juga kompetitor lain dan hal-hal apa yang dapat kita tawarkan supaya bisa bersaing dan pelanggan memilih produk kita
• siapkan kata-kata pembukaan dan pelajari materi presentasi yang akan dibawakan
• persiapkan bahan-bahan yang akan di presentasikan dengan format yang simple, mudah dipahami tetapi juga menarik perhatian
• siapkan checklist yang berisi pertanyaan-pertanyaan supaya apabila ada pertanyaan dari pelanggan maka kita sudah mendapatkan jawaban yang pasti atau tepat
• pikirkan baik-baik apa yang akan kita capai/dapatkan dari pertemuan dengan calon nasabah tersebut
2. Perkenalan/pembukaan
• Tersenyum, bersikap profesioanl, dan harus bisa tampil percaya diri supaya dapat meyakinkan pelanggan
• Perkenalkan diri dengan menyebut nama lengkap, jabatan saat ini dan pekerjaan yang anda lakukan
• Jelaskan tujuan dari kedatangan kita dan pastikan kita datang untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan pelanggan
• Tanyakan berapa waktu yang di berikan untuk anda menerangkan dan kapan harus selesai
• Tanyakan apakah ada hal-hal yang bisa di tuliskan sebagai masukan
• Apabila semua penjelasan sudah disampaikan, maka bersiap untuk masuk dalam langkah bertanya
3. Pertanyaan & Identifikasi
• Langkah ini menjadi sesuatu yang penting dan vital, prinsip2 dan tehnik2 menjawab pertanyaan haruslah dikuasai supaya pertanyaan di lontarkan, maka jawaban yang di berikan dapat
• Tunjukan sikap empati dan mau mendengar, hal ini akan sangat terlihat dari bahasa tubuh (body language) kita juga
• Tujuan utama dari pertanyaan ini adalah untuk mengidentifikasi seberapa besarnya kebutuhan dan keuntungan yang bisa didapatkan apabila produk yang kita tawarkan akhirnya di setujui untuk di beli
• Bentuk pertanyaan terbuka akan mengundang orang lain untuk memberikan jawaban yang panjang, sementara bentuk pertanyaan tertutup akan mengundang untuk menjawab pendek seperti “ya” atau “tidak”
• Untuk pertanyaan terbuka gunakanlah model 5W, 1H (Who? What? Why? Where? When? and How?)
• Dengarkan baik-baik dan berikan rasa empati dengan kontak mata yang baik, tunjukan bahwa anda memahami, apa yang menjadi kebutuhan dari pelanggan
• Konfirmasi ulang juga merupakan hal yang penting supaya tidak terjadi miskomunikasi
• Pastikan pada waktu pelanggan berbicara kita tidak melakukan interuspsi dengan memotong pembicaraan pelanggan, berikan keleluasaan dan waktu
4. Penjelasan & negosiasi
• Langkah ini sudah seharusnya menjadi fokus atau inti dari pembicaraan
• Seorang sales harus benar-benar menguasai apa yang akan di tawarkan/di jual
• Presentasi yang di buat harus bisa mendemonstrasikan kekuatan atau kelebihan dari produk/jasa yang sedang kita tawarkan tersebutthe above point is especially important to consider when the sales person has
• Pastikan bahwa dalam presentasi yang kita buat tersebut berisi pengalaman-pengalaman yang sudah di capai
5. Penutup & follow-up
• Tutuplah dengan pernyataan apakah pelanggan puas dan tertarik dengan apa yang kita sampaikan, apakah memenuhi dan menjawab kebutuhan atau keperluan pelanggan.
• Follow-up adalah indicator penting yang harus di lakukan karena itu seorang marketing seharusnya melakukan hal ini untuk memastikan kepuasan pelanggan dan kelanjutan dari penawaran yang kita sampaikan.