|

Brigjen Rahmat Budiyanto Dilantik Sebagai Pangdam IX/Udayana



Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI George Toisutta melantik Brigadir Jenderal TNI Rahmat Budiyanto sebagai Panglima Kodam IX/Udayana yang baru menggantikan Mayor Jenderal TNI Hotmangaradja Pandjaitan, di Lapangan Upacara Puputan Badung, Denpasar, Bali (9/4). Mayjen TNI Hotmangaradja Panjaitan selanjutnya mendapat promosi jabatan sebagai Sesmenko Polhukam, sedangkan Brigjen TNI Rahmat Budiyanto sebelumnya menjabat sebagai Kasdam III/Siliwangi.


Pejabat lama dan pejabat baru sama-sama mendapatkan promosi jabatan dan pangkat di Jabatan barunya. Sesmenko Polhukam adalah jabatan Bintang Tiga (Letnan Jendral) tentu saja ini merupakan promosi bagi Mayjen Hotmangaradja Panjaitan, perwira ini merupakan putra pahlawan revolusi Mayjen DI Pandjaitan dan ia adalah lulusan Terbaik Akademi Militer (Akmil) angkatan 1977. Pangdam baru Udayana, Brigjen Rahmat Budiyanto juga akan segera mendapatkan Pangkat Bintang 2 (Mayor Jendral) atas jabatannya sebagai Pangdam IX/Udayana.

Kasad menegaskan, Kodam IX/Udayana sebagai salah satu Komando Utama Pembinaan TNI Angkatan Darat dan Komando Utama Operasional TNI mengemban peran, fungsi dan tugas yang sangat strategis. Sebagai alat negara di bidang pertahanan, Kodam IX/Udayana dalam menjalankan tugasnya harus berdasarkan kebijakan dan keputusan politik Negara. “Untuk mengoptimalkan peran itu, Kodam IX/Udayana harus menyelenggarakan pembinaan kesiapan operasional atas segenap jajaran Komandonya guna melaksanakan Operasi Militer Perang dan Operasi Militer Selain Perang“. Kata Kasad.

Peran dan tugas demikian itu, menurut Kasad semakin mengemuka mengingat wilayah Kodam IX/Udayana merupakan rangkaian pulau-pulau tersebar di wilayah propinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, yang memiliki berbagai kekhususan baik dari segi geografi, demografi, maupun kondisi sosial masyarakatnya. Kasad menambahkan, Ciri-ciri khusus yang berbasis pada keanekaragaman dan kemajemukan itu merupakan kekayaan khasanah budaya bangsa dan telah menjadikan wilayah ini sebagai daerah tujuan wisata yang bertaraf internasional.


Posted by Unknown on 7:08 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response