Facebook Hadirkan Fitur Berbagi Lokasi
Facebook akan segera meluncurkan layanan berbasis lokasi menjadi pusat perhatian di ruang media sosial, Aplikasi baru ini memberikan ruang bagi para pengguna Facebook untuk memberitahukan lokasi keberadaannya diluar updates statusnya.
Dengan kehadiran layanan baru ini, sekitar 400 juta pengguna Facebook dapat melihat lokasi keberadaan teman-teman mereka. Tidak mengherankan jika Facebook merasa perlu untuk menghadirkan layanan berbagi info lokasi, mengingat banyak penggunanya yang membuka Facebook dari ponsel.
Bila kita melihat sebelumnya, Perusahaan ini telah memberi pertanda akan hadirnya fitur ini, baru-baru ini memperbarui kebijakan privasinya untuk para anggota untuk memperjelas letak lokasi, walaupun pengguna masih memiliki pilihan atas apakah mereka berpartisipasi atau tidak.
The Times melaporkan bahwa fitur lokasi baru akan memiliki dua aspek - satu memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi lokasi mereka di samping konten yang mereka posting di Facebook, kemungkinan lain memungkinkan pengembang di luar perusahaan (pihak ke 3), seperti para pembuat applikasi lokasi-berbagi yaitu foursquare untukdapat menawarkan layanan berbasis lokasi ke pengguna Facebook.
Fitur ini memberikan peluang bisnis bagi Facebook dalam memberikan layanan iklan yang lebih tepat, iklan yang berbasis lokasi dari target. Ini telah ada didalam google adsense (Iklan Google), bila kita sedang browsing situs luar, akan tampil iklan google dari negara kita (bila situs tersebut memiliki akun google adsense dan memasangnya di situs tersebut).
Apakah semua pengguna Facebook beranggapan fitur ini memiliki manfaat yang sama, apakah dengan fitur ini privasi dari setiap orang semakin mahal dan semakin terbuka. Semuanya berpulang dari kacamata masing-masing pengguna Facebook.