|

Bahaya "Kecanduan Bermain Game"



Sebuah penelitian di Australia mengungkapkan, satu dari 10 orang yang bermain game mengalami kecanduan yang berada pada level sangat tinggi.

Sebuah tim yang dipimpin oleh profesor Vladan Starcevic di Departemen Psikologi Kedokteran Nepean Hospital di Sydney melakukan penelitian dengan men-survei hampir 2000 komputer gamers - usia pemain berusia 14 dan ke atas dan memberikan 156 pertanyaan-pertanyaan.

Hasil penelitian menunjukkan, para gamer mengakui bermain lebih lama daripada apa yang telah mereka rencanakan, atau mereka tetap bermain game "meskipun ada larangan untuk tidak boleh melakukannya", penelitian ini diterbitkan di Australia dan Selandia Baru dalam Journal of Psychiatry.




Penelitian ini juga menyampaikan, Orang yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain game di komputer dan memiliki ciri yang hampir sama, sangat mudah kehilangan kendali diri sendiri, sangat menyukai untuk bermain Multiplayer Online Role-playing game, tidak mudah bergaul, tidak banyak memiliki teman, minum minuman yang mengandung banyak kafein.

Permasalahan-permasalahan lain :

- Fokus pikiran selalu mendesak untuk terus bermain

- Gelisah dan mudah marah ketika tidak bermain

- Berulang-ulang berusaha untuk mengurangi namun selalu gagal

- Mempengaruhi Kerja dan Belajar

- Mempunyai masalah dalam "hubungan" dengan dunia nyata (real relationship)

- Kurang perhatian dan peduli pada kegiatan-kegiatan sosial lainnya

- Mengalami Sakit mata, sakit punggung, ketegangan

- Kurang Tidur , berat badan naik atau turun s/d 5kg

Kecanduan bermain game memiliki dampak negatif yang besar, sangat berbahaya bila tidak segera dihentikan. Kecanduan bermain game tidak hanya pada golongan usia anak-anak saja tapi juga di kalangan usia dewasa.

Posted by Unknown on 9:35 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response