|

Irjen Pol Mathius Salempang Jadi Kapolda Kaltim

Gerbong mutasi di tubuh kepolisian kembali bergerak. Empat kapolda dimutasi dan salah satu perwira yang akan menjabat kapolda baru adalah mantan Kapolwil Bogor Sukrawardi Dahlan.

Mutasi di tubuh Polri itu tertuang dalam Telegram Rahasia (TR) Kapolri Nomor TR/472/VII/2009 tanggal 25 Agustus 2009 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan di Lingkungan Polri.

Telegram rahasia itu ditandatangani Pelaksana Harian Sumber Daya Manusia Mabes Polri Irjen Pol Drs Suhardi Sigit. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna mengatakan, mutasi di tubuh Polri itu merupakan hal biasa. Ada tiga TR terkait mutasi di gerbong polri.

Menurut mantan Kapolda Sumut itu, dalam mutasi kali ini terdapat 18 perwira tinggi berbintang satu (Brigjen) dan bintang dua (Irjen) yang mengalami pergantian. Selain itu, juga terdapat 92 perwira menengah yang mengalami mutasi dan 27 perwira diganti karena memasuki masa pensiun.

“Biasalah. Ada PATI (perwira tinggi, red) dan PAMEN (perwira menengah, red). Ada mutasi promosi naik pangkat dan ada yang sama levelnya. Ada yang tour of duty dan tour of area,” ujar Nanan di Mabes Polri, kemarin.

Mereka yang akan dimutasi antara lain, Kapolda Kepri Brigjen Pol Dikdik Mulyana Arief Mansur. Posisi Kapolda Kepri yang akan ditinggalkan Dikdik bakal ditempati Brigjen Pol Pudji Hartanto Iskandar, yang saat ini menjabat Karo Binpolsus PPNS SDEOPS Polri.

Selanjutnya, Dikdik akan menempati salah satu jabatan prestisius di tubuh Polri. Dikdik dipromosikan naik pangkat menjadi Irjen dan menempati posisi Wakil Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Wakabareskrim) Mabes Polri menggantikan Irjen Pol Hadiatmoko.

Selain Dikdik, mutasi kapolda juga terjadi di wilayah Polda Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Barat serta Kalimantan Timur. Untuk Polda Sultra, Kapolda Sultra Brigjen Pol Joko Satrio yang memasuki masa pensiun digantikan Brigjen Pol Sukrawardi Dahlan, yang sebelumnya menjabat Kepala Biro Pengkajian di Deputi Operasional Polri. Sukrawardi sebelumnya sempat menjabat sebagai Kapolwil Bogor.

Selain itu, kapolda yang digeser adalah Kapolda Sulselbar Irjen Pol Mathius Salempang. Posisi Mathius Salempang di Polda Sulselbar akan digantikan staf ahli Kapolri Bidang Sosial Budaya Irjen Pol Adang Rochjana. Sedangkan pos baru bagi Mathius adalah Kapolda Kaltim menggantikan Irjen Pol Andi Masmiat yang juga memasuki masa pensiun.

Serah terima jabatan (sertijab) akan dilakukan pada awal September mendatang di Mabes Polri. Selanjutnya sertijab akan dilakukan di masing-masing polda.

Perubahan juga terjadi pada Direktur Narkoba Polri. Posisi yang kini ditempati Brigjen Pol Harry Montolalu itu selanjutnya akan ditempati Kombes Arman Depari. Arman saat ini adalah Direktur Narkoba di Polda Metro Jaya. Sementara Harry Montolalu dipromosikan naik pangkat menjadi Irjen dengan menempati jabatan staf ahli Kapolri Bidang Sosial dan Budaya.

Sedangkan posisi Direktur Narkoba Polda Metro Jaya yang ditinggalkan Arman Depari, segera diisi Kombes Anjan Pramuka Putra yang kini menjabat Direktur Narkoba di Polda Sumut. Sementara posisi yang ditinggalkan Anjan akan diisi Kombes John Turman Panjaitan.

Posted by david pangaribuan on 7:53 PM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Blog Archive

David P Pangaribuan

Plaza Powerbank

Powerbank Ferarri F99

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Februari 1

Telepon Seluler - Asesori di Indonesia

POWER BANK VIVAN 8400 mAh ips 03

Grosir Power Bank Vivan

Dijual, Telepon Seluler - Asesori di Indonesia, Jakarta, Jakarta. Tanggal Januari 20

Dijual di Jakarta

Recently Added

Recently Commented