|

COGITO ERGO SUM

"Aku berpikir maka aku ada" ... demikianlah pengertian judul yang terasa asing bagi kita, cogito ergo sum sebuah kata yang diucapkan oleh Rene_Descartes yang lebih dikenal sebagai Descartes, kadang dipanggil "Penemu Filsafat Modern" dan "Bapak Matematika Modern", adalah salah satu pemikir paling penting dan berpengaruh dalam sejarah barat modern. Hal yang menarik bagi saya adalah bahwasanya kita sadar secara penuh bahwasanya sebagai Manusia kita selalu dituntut untuk dapat berpikir atau senantiasa berpikir ...., bagaimana maha dahsyatnya pemikiran kita dan tidak berujung dan tidak terbatas (unlimited) serta selalu berevolusi (berkembang dan bertumbuh).

Manusia memang mahkluk yang mampu dan selalu berpikir ... inilah yang membedakan kita dari makhluk lainnya, oleh karena itu mari kita selalu meningkatkan kemampuan dalam "berpikir" yang nantinya akan menuntun kita dan dapat membantu kita dalam hal pemahaman dan kemajuan pada diri kita. Misalnya kita akan sadar akan kekuatan dan kelemahan pada diri kita, analisa keberhasilan dan kegagalan yang pernah kita capai, peluang dan ancaman yang ada di hadapan kita, dan banyak lagi yang dapat kita lakukan bila kita sadar dan menyakini "Cogito ergo sum" aku berpikir maka aku ada.

Perkembangan kemajuan peradaban modern saat ini adalah hasil evolusi pemikiran manusia yang diikuti dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan penciptaan banyak di dunia. Manusia dengan kemampuan berpikirnya akan terus belajar dan berupaya untuk dapat mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik dari masa sebelumnya ... karena kita manusia diberi kemampuan untuk hal tersebut.

Descartes ingin mengajak kita berpikir dengan ujarannya yang cukup terkenal tersebut, bahwa eksistensi kita adalah pada kemampuan berpikir kita dalam 'mengadakan' atau menyadari keberadaan diri kita sendiri

Bila saat ini kita sedang dalam suatu kondisi yang sangat buruk atau mengalami kesulitan yang teramat sangat atau apapun kegagalan yang telah kita alami yang sering membuat kita kehilangan harapan, malas untuk berpikir atau sudah pada tahapan pasrah ..., jangan pernah lupa dan harus kita dengan sadar ... "cogito ergo sum" aku diberi kemampuan berpikir > mampu untuk dapat keluar dari segala bentuk permasalahan atau kondisi yang tidak saya inginkan ini. Berpikir dan diikuti dengan Belajar dengan sikap disiplin dan kemauan keras tidak mudah menyerah harus ku lakukan, karena aku mampu berpikir dan mendapatkan solusi.

Pemikiran dari Descarte telah membuat sebuah revolusi falsafi di Eropa karena pendapatnya yang revolusioner bahwa semuanya tidak ada yang pasti, kecuali kenyataan bahwa seseorang bisa berpikir.

Dalam bahasa Latin kalimat ini adalah: cogito ergo sum sedangkan dalam bahasa Perancis adalah: Je pense donc je suis. Keduanya artinya adalah:

"Aku berpikir maka aku ada". (Ing: I think, therefore I am)

Semoga dapat memberikan manfaat bagi kita ...., salam

Posted by Unknown on 10:14 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response