|

PSIKOLOGIS PEMBELIAN

Keputusan untuk membeli dari Customer adalah hal yang paling diharapkan oleh setiap tenaga penjual. Secara psikologis ada tujuh tahap yang dilewati pelanggan sebelum memutuskan membeli suatu produk.


LANGKAH 1 : PERHATIKAN
Calon pelanggan memandang sekejap mata produk yang dipanjang di etalase atau ruang pamer.

LANGKAH 2 : MINAT
Calon pelanggan menunjukan minat pada produk tertentu dipajang, mencari tahu rancangan, harga dan kualitasnya.

LANGKAH 3 : ASOSIASI GAGASAN
Calon Pelanggan membayangkan dirinya menggunakan produk sesuai dengan iklannya

LANGKAH 4 : KEINGINAN
Jika calon pelanggan ragu-ragu, maka ia akan membandingkan dengan produk lain yang sejenis dan kemudian akan mengevaluasinya terhadap rancangan, harga dan kualitasnya.

LANGKAH 5 : KEPERCAYAAN
Keputusan calon pelanggan untuk membeli suatu produk didasarkan atas kepercayaan tumbuhnya rasa kepercayaan dipengaruhi oleh wiraniaga, reputasi industri, merek produk dan kualitas produk

LANGKAH 6 : TINDAKAN.
Calon pelanggan membeli produk

LANGKAH 7 : KEPUASAN.
Setelah membeli produk, pelanggan dapat mengalami 2 jenis kepuasan, yaitu kepuasan saat proses pembelian (pelayanan wiraniaga) dan kepuasan menggunakan produk (kualitas)


Posted by david pangaribuan on 3:21 PM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response