|

Event + Response = Outcome

Dalam dunia bisnis dan kehidupan, banyak terjadi berbagai hal baik yang sesuai atau tidak sesuai dengan harapan anda. Maka, hasil yang anda dapatkan adalah kumulasi dari event atau kejadian yang terjadi, ditambah dengan response atau reaksi yang anda berikan, menghasilkan outcome atau hasil yang anda hadapi kemudian.

Rumus sederhananya adalah:

E + R = O

(Event + Response = Outcome)


Jack Canfield dalam bukunya "The Success Principle" Dimana hasil yang kita dapatkan adalah buah dari kemampuan kita bereaksi terhadap segala kejadian yang terjadi dalam kehidupan kita sehari - hari.

Misalnya saja, terjadi suatu kejadian dalam kehidupan kita. Anda bisa memilih reaksi anda, apakah anda berusaha melihat pelajaran atau kesempatan apa yang bisa anda ambil dari kejadian tersebut daripada anda menyalahkan mengapa hal itu terjadi pada anda.
Misalnya saja, dalam suatu perjalanan, saya berangkat lebih pagi ke airport agar tidak terlambat naik pesawat. Tak disangka, pesawat saya justru delay 3 jam! Bebrapa penumpang mulai marah - marah dan komplain terhadap maskapai penerbangan yang delay tersebut. Setelah meras gelisah selama 15 menit, saya pun menyadari bahwa tidak ada yang bisa saya lakukan untuk mengubah jadwal delay tersebut. Maka saya mulai membaca sebuah buku yang belum saya selesaikan.

Usai membaca, ternyata pesawat saya delay lagi 2 jam! Maka segera saja saya keluarkan laptop yang saya bawa untuk menyelesaikan sebuah tulisan yang belum sempurna. Ketika saya sedang mengerjakan presentasi tersebut, seorang bapak menegur saya. Beliau menanyakan tulisan apa yang sedang saya kerjakan dan apa pekerjaan saya. Maka sayapun bercerita tentang perusahaan tempat saya bekerja dan kegiatan saya menulis di blog pribadi. Tak disangka, ternyata bapak tersebut menawarkan kesempatan bagi saya untuk dapat diajarkan membuat blog pribadinya dan tidak lupa meninggalkan kartu namanya, ternyata beliau adalah seorang pengusaha sukses di Kalimantan.

Suatu pengalaman yang menyenangkan, suatu delay pesawat yang menyebalkan bagi saya berubah menjadi kesempatan bisnis yang menguntungkan.

Dari sini anda bisa melihat, anda bisa memilih reaksi apa yang akan anda munculkan. Bisa saja anda terus mengomel, marah, dan melakukan blaming terhadap kejadian itu, maka tida ada juga yang anda peroleh. Tapi bila anda bisa mengubah reaksi anda, memanfaatkan celah dan kesempatan yang ada dari suatu kejadian betapapun buruknya, anda pasti juga akan memperoleh hasil yang baik dari kejadian tersebut.

Pandai - pandailah memilih reaksi apa yang akan anda munculkan dalam menghadapi suatu kejadian. Anda bisa saja hanya bertindak pasif dan menerima kejadian tersebut. Tapi anda bisa juga melakukan change dan mendapatkan hasil yang luar biasa dari kejadian yang tampaknya buruk sekalipun.

Posted by Unknown on 10:33 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response