|

Brain Power

Berawal dari sebuah diskusi kecil dengan sobat Faisal dan Wury di Solaria Bekasi dimana membicarakan Mindset dan Attitude, terdorong rasa hati untuk mencoba belajar kembali tentang Kekuatan sebuah Pikiran.


Berfikir atau pikiran (thingking) adalah kekuatan dasar yang dimiliki oleh manusia yang dapat mempengaruhi alam semesta. Semua yang berkaitan dengan pengetahuan, kesehatan, rasa aman, kepribadian, kebahagiaan bahkan kesuksesan tiada lain bersumber dari hasil pikiran. Dengan berfikir muncul berbagai gagasan spektakuler serta sangat menakjubkan yang turuk membentuk peradaban umat manusia selama ini.

Brain Power adalah sebuah pengetahuan tentang pikiran manusia, bagaimana memberdayakannya, dan mempelajari bagaimana mengubah mindset negatif menjadi positif. Mengapa mindset positif ? Dengan mindset positif, manusia bisa mencapai berbagai prestasi dan keunggulannya sebagai manusia. Mindset positif adalah modal dasar untuk menembus sebuah limitasi anggapan keterbatasan diri.
secara umum struktur otak manusia itu sama satu dengan yang lainnya. Jadi potensi yang kita miliki sama dengan yang dimiliki oleh Einstein, Alva Edison, dan orang-orang hebat lainnya, jadi mengapa kita tidak bisa seperti mereka.


Brain power artinya kekuatan pikiran. Pengertiannya hampir sama dengan NLP (Neuro Linguistic Programing) yakni pengetahuan yang membelajari bagaimana memprogram bahasa otak sehingga kita mampu memberdayakan kekuatan pikiran kita.
Dalam sistem jiwa, otak dibagi menjadi otak kiri dan kanan.

Otak Kiri
Orang yang menggunakan otak kiri biasanya bekerja di bidang eksak, seperti para insinyur, dokter, dan IT. Kekuatan otak kiri umumnya adalah sbb : berorientasi pada fakta, logis/rasional, analisa, serial, tahap demi tahap, suka angka-angka, aktif, tegas, dan deduktif.


Otak Kanan
Orang yang menggunakan otak kanan biasanya bekerja di bidang seni seperti pelukis, wartawan, pengarang, pemain musik, penari menggunakan otak kanan. Kekuatan otak kiri umumnya adalah sbb : spontanitas, suka berimajinasi, kreatif, reseptif, suka warna, suka suara, visioner, perasa dan peran bawah sadar sangat kuat.

Fakta Tentang Otak Manusia :
Bentuknya jelek, mirip jeruk purut, dengan bobot sekitar + 1,3 sd 1,75 kg. Ada jutaan sungai darah kecil dan rumit yang menyebar keseluruh otak. Dengan ratusan milyar simpul atau sel syaraf. Ada 10 juta – 200 juta neuron (sel otak terkecil). 1 neuron bisa disetarakan dengan komputer tercanggih saat ini. Mampu menampung 70-100 trilyun citra dan pola pikir tidak terhingga. (setara dengan 500 eksiklopedia). Ada 7milyar maghnet mikroskopik (1/1000 ons). Otak manusia punya kemampuan 10.000 kali kemampuan komputer. Kalau terlatih baik kemampuannya bisa sampai 1 juta kali komputer.

Pikiran sadar dan bawah sadar
Sedangkan pemikiran, sebagai produk dari otak dibagi dalam pikiran sadar dan bawah sadar. Pikiran bawah sadar disebut (Inner Mind- Subconscious) sedangkan pikiran sadar disebut conscious. Pikiran bawah sadar adalah sebuah kekuatan luar biasa yang ada dalam diri manusia. Jika diumpamakan gunung di lautan, puncak gunung itu hanya 10% dari perut dan dasar gunung yang sebenarnya. Seperti itulah pikiran sadar, ia sebenarnya jauh lebih besar dibandingkan dengan pikiran sadar. Manusia umumnya baru menggunakan 10% kekuatan pikirannya. (Menurut informasi, kekuatan pikiran bawah sadar 30.000 kali kekuatan sadar. Namun saya belum sempat menelusuri lebih lanjut)

Pikiran sadar bereaksi dengan logika, pikiran bawah sadar bereaksi dengan imajinasi. Pikiran bawah sadar bekerja jika Anda diminta membayangkan.Pikiran bawah sadar percaya apa pun yang Anda katakan. Pikiran bawah sadar tidak bisa membedakan mana yang fakta mana yang bohong, benar mana salah, mana baik mana buruk, mana imajinasi mana fakta.

Pikiran bawah sadar hanya mengerti bahasa gambar.
"Karena itulah, kata-kata yang bermakna abstrak dan tidak memiliki visualisasi akan diabaikan oleh pikiran bawah sadar, misalnya : "Jangan", "Tidak boleh" dll. (Balita dan anak-anak lebih dominan menggunakan bahasa gambar. Apa yang tergambar di dalam pikiran ketika dikatakan kepada anak-anak “Jangan Lari?” Ya jawabannya adalah visualisasi dari kegiatan berlari itu sendiri. Karena itulah ketika Anda melarang anak-anak "Jangan berlari", dia malah berlari. Hahahaha… )
Pernah anda alamikan : anak dibilang jangan eh malah di lakuin ....

Pertanyaan yang harus dikembangkan dalam NLP adalah How (bagaimana agar seseorang jangan melakukan sesuatu), bukan why (mengapa seorang melakukan sesuatu.)

Analogi dari cara kerja pikiran bawah sadar mirip dengan lampu aladin. Kita harus sering menggosoknya dengan informasi yang positif dan optimis agar visualisasi cita-cita kita serta terealisir. Bayangkan seandainya kita sering menggosoknya dengan informasi negatif ? (menonton infotainment gosip, berita kriminal, ramalan bintang, sinetron gak mutu dsb).

(Metode untuk menurunkan kondisi stress : relaxsasi, meditasi, berdoa, sholat, puasa, dll).

Akhir dari tulisan sederhana ini,semakin mampu seseorang dapat mengembangkan pikiran dan kerpibadian serta jiwa, makin siap pula seseorang itu memasuki dan menghadapi peristiwa besar dan pengalaman besar yang bakal menghadang perjalanannya di depan.

Semoga!

Sumber : Bahan Training NPL dan beberapa buku tentang Kekuatan sebuah pikiran


Posted by david pangaribuan on 2:21 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response